Apa perbedaan snorkeling dengan diving?
SNORKELING
Snorkeling adalah aktivitas berenang di permukaan air untuk melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Karena dilakukan di permukaan, aktivitas snorkeling tidak membutuhkan tabung udara sebagai alat bantu pernafasan. Pada aktivitas snorkeling, penyelam menggunakan snorkel sebagai alat bantu pernafasan. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan untuk snorkeling adalah masker, snorkel, dan kaki katak

  1. Masker

Masker selam adalah jendela  kedap air yang melindungi sebagian wajah, terutama mata dan hidung  dari air. Bagian lensa dibuat dari kaca pengaman sementara kantong hidung serta kerangka masker dibuat dari silikone atau karet. Di bagian sisi masker terdapat tempat untuk memasang snorkel.

Sewaktu mengenakan masker, penyelam bernafas dengan mulut. Masker dapat menjadi berembun atau kemasukan air bila penyelam memaksa untuk bernafas melalui hidung. Rambut penyelam juga tidak boleh terjepit di antara masker dan wajah supaya masker tidak kemasukan air.

Penyelam harus memakai ukuran masker yang pas dengan wajah agar masker tidak kemasukan air.  Masker diletakkan di wajah dan ditekan sambil menarik nafas perlahan-lahan. Bila masker tidak jatuh, maka ukuran masker sesuai dengan wajah pemakainya. Tekanan air membuat masker menjadi kedap udara, sementara tali pengikat hanya menahan masker agar tidak terlepas.

2. Snorkel

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf ‘J’ dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernafas dengan mulut, tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Dengan menggunakan alat bantu snorkel, penyelam bisa melihat pemandangan bawah air sambil bernafas melalui snorkel. Aktivitas snorkeling biasanya dilakukan di laut dangkal. Sehingga penyelam bisa mengamati beragam flora dan fauna bawah laut tanpa harus terganggu oleh jarak pandang, karena aktivitas snorkeling hanya dilakukan di permukaan air.Snorkel terdiri dari dua bagian, yaitu selang udara dan pelindung mulut. Selang dibuat dari plastik atau karet keras, dengan ukuran diameter sekitar 2 cm dan panjang sekitar 30 cm. Selang yang terlalu panjang membuat bernafas menjadi sulit, dan memperbesar kemungkinan penyelam menghisap kembali karbon dioksida yang tertahan di dalam selang.

Pelindung mulut dibuat dari silikon atau karet, dan terdiri dari penutup berbentuk lengkung dan bagian untuk digigit. Ukuran pelindung mulut juga harus sesuai dengan ukuran mulut. Ketika menyelam di bawah air, udara di dalam snorkel keluar dan air masuk ke dalam snorkel. Ketika sampai di permukaan, air dalam snorkel dikuras dengan cara menghembuskan udara keras-keras dari dalam mulut.

3. Kaki Katak

Kaki katak adalah sepatu karet dengan sirip yang melebar di bagian ujung kaki. Kaki katak terdiri dari dua jenis: tumit terbuka (open heel) dan kaki tertutup (full foot atau pocket foot). Jenis kaki katak kaki tertutup tersedia dalam berbagai ukuran seperti halnya ukuran sepatu. Dibandingkan kaki katak tumit terbuka, jenis kaki katak tertutup memiliki ujung sirip yang lebih pendek. Ketika memakai kaki katak tumit terbuka, penyelam mengenakan sepatu bot dari bahan neoprena. Sepatu bot berfungsi sebagai pelindung kaki dari dari luka, dinginnya air, atau pencegah lecet. Kaki katak tumit terbuka hanya dibuat dalam beberapa ukuran: kecil, sedang, besar, dan ekstra besar. Ukuran kaki katak disesuaikan dengan kaki pemakainya dengan mengencangkan sabuk di bagian tumit.

” Perbedaan snorkeling dengan Diving “

DIVING
Diving adalah kegiatan menyelam di bawah permukaan air. Diving bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu free diving dan scuba diving. Apa yang membedakan free diving dengan scuba diving?
1. Free Diving
Free diving adalah kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Aktivitas free diving tidak menggunakan alat bantu pernafasan, hanya mengandalkan udara yang terdapat pada paru-paru penyelam saja. Waktu menyelam tentu saja sangat terbatas, bergantung pada kemampuan mengatur nafas dari penyelam sendiri.
2. Scuba Diving
Scuba diving adalah kegiatan menyelam di bawah permukaan air menggunakan alat bantu pernafasan dengan tabung udara.  Dengan tabung udara yang dibawa saat melakukan penyelaman, para penyelam lebih bebas beraktivitas di dalam air.
Pada scuba diving, kegiatan menyelam memungkinkan dilakukan pada air yang lebih dalam karena ketersediaan udara dalam tabung untuk bernafas. Pemakaian baju selam sangat dibutuhkan untuk menjaga kemungkinan tergores karang atau benda lain di dalam air. Scuba diving tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Butuh pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk melakukan penyelaman scuba.

Nusa Penida
Snorkeling Moment di Nusa Penida
Snorkeling moment di Wall Point-Nusa Penida
Snorkeling moment di Wall Point-Nusa Penida
Snorkeling moment di Wall Point-Nusa Penida
Snorkeling moment di Budha Spot-Nusa Penida

Semoga pemaparan tadi tentang perbedaan snorkeling dengan diving bermanfaat bagi yang ingin melakukan aktivitas snorkeling, maupun diving. Bagi wisatawan yang ingn melakukan snorkeling /diving di wilayah Nusa Penida bisa hubungi kami www.nusapenidamobile.com atau  chat via wa +6281239883160   Kami menyediakan paket one day trip nusa penida + snorkeling, paket 1D1N + Snorkeling, paket 2D1N + Snorkeling,dan paket paket 3D2N + Snorkeling

Share This !